Wednesday 30 April 2014

Visit us on Google+
Filled Under: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Gunung Sumbing Rute Garung

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung tertinggi di Jawa Tengah setelah gunung Selamet. dengan ketinggian 3371 meter di atas permukaan laut yang menjulang, membuat daya pikat para pendaki untuk menaklukan gunung yang berada di kabupaten Wonosobo ini. Selain itu Gunung Sumbing berhadapan langsung dengan gunung sindoro, sehingga menambah eksotisnya pemandangan Gunung Sumbing, karena hal ini banyak orang menyebutnya dengan sebutan gunung kembar Sindoro-Sumbing.

Banyak rute pendakian untuk menuju puncak Sumbing, Tapi yang paling banyak dilalui adalah rute Base Camp Garung yang berada di dusun Garung, kecamatan kalikajar. mungkin karena akses tranportasi yang mudah dan track yang menantang sehingga banyak para pendaki yang memilih untuk menaklukan gunung Sumbibng melewati rute Base Camp Garung.

Setiap tanggal 1 suro atau tahun baru jawa masyarakat setempat dan para pecinta alam disekitar gunung sumbing, mengadakan bersih gunung untuk membuat Gunung Sumbing terlihat lebih bersih dan nyaman untuk alam dan para pendaki. acara ini akan sangat ramai karna para pendaki berasal dari berbagai luar kota Wonosobo.

RUTE PENDAKIAN

Untuk menuju ke Base Camp Dusun Garung, dari persimpangan jalan utama parakan kertek, masuk Dusun Garung menuju base camp sakitar 500 meter, bisa juga untuk memakai jasa ojek. Tidak ada satupun losmen atau penginapan berada di dusun Garung, tapi anda bisa bermalam di Base Camp karnana disitu tempatnya cukup luas, kebetulan saya asli dari Dusun garung kalo saya pas di rumah nginap di rumah saya juga bisa hehehe. nanti banyak teman saya dari karang taruna yang siap mengantar.

Sebelum anda berangkat mendari dari Base Camp sebaiknya anda mencari informasi mengenai gunung Sumbing sebanyak mungkin dari Base Camp, biasanya ada dari petugas karang taruna yang berjaga disitu , yaitu dari anak-anak STICK PALA ( Satuan Induk Bocah Bocah Karang Taruna Pecinta Alam ). disini anda juga akan diberi peta dan informasi serta struk kas untuk Base Camp setelah anda membayar 6 ribu rupiah, karna jika anda tidak mendaftar jika ada apa2 atau kram cidera dan sebagainya dari pihak karang taruna tidak akan bertanggung jawab.

                                                                        (gambar Base Camp Garung)


Alamat lengkap Base Camp Garung: STICK PALA ( Satuan Induk Bocah Bocah Karang Taruna Pecinta Alam ). Desa Butuh, Dusun Garung, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai puncak sekitar 8 jam dengan menempuh jarak 7 km. Mulai dari Base Camp anda sudah menemui lajur yang menanjak. Setelah tanjakan pertama anda akan melewati kebun sayur, tetapi jalannya tetap menanjak.

Jalur lama udah jarang dipake karena terlalu terjal buat pendakian dan relatif kurang aman. KM IV dimulai dari Bosweisen ( batas ladang dan hutan ) Kondisi jalan tanah liat dan tanah merah berpasir, di kanan kiri jalur rerumputan dan pepohonan kecil. Perjalanan akan semakin menanjak melewati dua buah bukit yakni bukit Genus dan Sedlupak. Jalan berupa tanah merah berpasir


Jalur Baru
Setelah melewati ladang pertanian sampailah di perbatasan hutan di kawasan Bosweisen ( batas ladang dan hutan ) yang merupakan batas KM III. Kondisi jalan berupa tanah liat dan tanah merah berpasir. Di sepanjang kawasan ini terdapat beberapa jenis burung dan ayam hutan.

Kemudian melewati hutan pinus.
Setelah menyeberangi sungai di Kedung terdapat Pos peristirahatan Pos I. Perjalanan selanjutnya kita akan sampai di Pos II ( Gatakan ) pada ketinggian 2.240 mdpl. Di pos ini pendaki dapat mendirikan tenda, dibandingkan tempat lain, tempat ini cukup terlindung dari hempasan angin kencang, disamping itu pendaki dapat mengambil air bersih dari sungai yang tidak terlalu jauh.

Di Pestan ( Peken Setan / Pasar Setan ) pada ketinggian 2.437 mdpl, terdapat tempat terbuka yang cukup luas, pendaki dapat mendirikan tenda untuk beristirahat. Konon pendaki akan mencium bau semerbak bunga, bila bau bunga ini mengikuti dia, maka ada sosok mahkluk halus yang membuntutinya. Di sini jalur lama dan jalur baru bertemu. Tapi tenang saja selama saya mendaki sebanyak 5 kali tak pernah ada kejadian horor seperti itu selama kita berdoa dan tidak bertindak sembrono.
                                                                     (saya di rute pestan )

Kawasan ini tidak ada pohonnya berupa padang rumput dengan sedikit pohon kecil, sehingga angin kencang sering menerpa tenda. Selain itu pendaki harus waspada karena sering ada badai yang cukup besar dan berbahaya. Kondisi jalan berupa tanah merah berpasir.

Selanjutnya kita sampai di Pasar Watu dimana banyak terdapat batu berserakan. Di depannya dinding batu berdiri. Jalur disini kelihatannya rawan soalnya benar - benar terbuka dengan kanan dan kiri jurang. Pendaki harus mengambil jalan kekiri sedikit menurun mengelilingi dinding batu terjal. Jangan mengambil jalan lurus dengan cara memanjat dinding terjal ini karena jalur ini buntu.

                                                     (gambar track pasar watu yang sangat menantang)

Dengan cara menelusuri sisi - sisi batuan terjal, Kemudian kita akan tiba di Watu Kotak ( 2.763mdpl ) sebuah batu yang besar seperti kotak yang memiliki ceruk, dapat digunakan untuk berlindung dari tiupan angin dan hujan. Di tempat ini ada sedikit ruang untuk mendirikan tenda kecil. Di sini pendaki dilarang buang air di sembarang tempat, karena tempat ini adalah salah satu tempat yang keramat.

Selanjutnya kita akan melewati Tanah Putih, yang berupa batuan kapur. Jalur sangat berat, terjal dan berbatu - batu, sebaiknya berhati - hati karena batu - batu mudah jatuh menggelinding ke bawah baru kemudian sampai di puncak. Untuk menuju kawah ambil arah sebelah kanan sedangkan untuk menuju puncak lurus ke atas. Di puncak gunung terdapat musang gunung yang hidup di lubang - lubang batu di dinding kawah. Musang ini dengan berani mendekati pendaki untuk mencari sisa - sisa makanan.
http://mapalagegama.files.wordpress.com/2008/10/sumbing11.jpg
                                                  (Puncak tertinggi gunung sumbing)

http://mapalagegama.files.wordpress.com/2008/10/sumbing8.jpg
                                                (kawah gunung sumbing dilihat dari puncak buntu)

Sebaiknya anda membawa kembali sampah dari kemasan makanan plastik dan sebadainya milik anda. karna sebagai seorang pecinta alam tidak selayaknya anda mengotori alam yang akan anda nikmati sendiri dan ini alam merupakan warisan untuk masa depan anak cucu kita. salam damai belantara!
http://gunungsumbing.id/gunung-sumbing/
untuk info lebih lanjut
sumber

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu untuk meningkatkan kwalitas blog kami