Pariwisata di Kabupaten Demak


Pantai Morosari Yang Elok-30
                                                
(Gambar Pantai Morosari)

1. Pantai Morosari

           Wisata Bahari Pantai Morosari Kabupaten Demak,Jawa Tengah. Pantai yang terletak di Sayung  Kabupaten Demak 20 km sebelah timur kota Semarang. Dengan bahasa persuasive yang mengudang, memang sangat berhasil menarik kami “Geng Wira-Wiri” untuk mengunjunginya.objek Wisata Pantai Morosari telah menjadi magnet baru bagi para wisatawan.


            Pemandangan alami yang menakjubkan coba ditawarkan pantai tersebut. Didukung dengan sejumlah permainan air, seperti jetski, speedboat, perahu naga, kayak kano dan becak air, pantai ini mencoba mengajak pengunjung untuk menikmatinya. Selain itu tersedia juga kulineria di restoran yang berdiri di dalam kawasan objek wisata tersebut.





(Gambar di area Agro Demak)

2.Wisata Agro Demak


         Wisata Agro Wisata ini memang baru dikembangkan Pemerintah Kabupaten Demak,Jawa Tengah, kurang lebih dalam dua tahun terakhir. Buah belimbing, jambu air merah delima serta jambu air citra menjadi wisata agro andalan yang dikembangkan di beberapa wilayah. Antara lain yakni kelurahan Singorejo, Betokan dan Tempuran.


Salah satu paket wisata menarik yang ditawarkan yakni one day tour agro tourism. Hanya dengan mengeluarkan dana kurang lebih Rp 50.000, wisatawan akan mendapatkan berbagai fasiltitas menarik untuk menikmati wisata agro Demak.


Pada paket wisata ini, wisatawan akan disuguhi minuman berupa jus jambu atau belimbing sebagai ucapan selamat datang. Selain itu juga bisa menikmati makanan-makanan khas Demak yang berasal dari hasil bumi.

Acara berwisata akan dilanjutkan dengan berkeliling desa, menikmati suasana desa dengan alat transportasi tradisional yakni andong. Di tempat wisata agro itu, anda akan bisa menikmati buah yang didapat dari memetik langsung dari pohonnya sepuasnya.


Paket wisata ini biasanya ramai dalam pertengahan tahundan akhir tahun, sekitar bulan Juni dan Oktober. Agro wisata Demak telah menarik pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia. Dan yang pasti tidak ketinggalan dari paket wisata agro yakni dipadukannya dengan wisata religi, berziarah ke makam sunan kalijaga dan sunan Fatah.


Tertarik dengan paket wisata ini, ajaklah sanak saudara dan teman-teman anda menikmati bersama suasana desa dengan kebun buahnya. Paket ini dilayani minimal pengunjung sebanyak 30 orang. Wisatawan




                                                     (Gambar Kawasan Makam Sunan Kalijaga)
3.Makam Sunan Kalijaga
                Makam Sunan Kalijaga terletak di Kadilangu, Demak, Jawa Tengah, sekitar 1,5 Km dari Masjid Agung Demak menuju arah tenggara. Makam Sunan Kalijaga banyak dikunjungi peziarah khususnya pacia malam Jum'at kliwon. Ditempat ini pula pada tanggal 10 Zulkijah dilaksanakan penjamasan pusaka peninggalan Sunan Kalijaga.

Sunan Kalijaga adalah putra adipati Tuban yang bernama Tumenggung Wilatikta atau Raden Sahur atau Sayyid Ahmad bin Mansur (Syekh Subakir). Ia adalah murid Sunan Bonang. Sunan Kalijaga menggunakan kesenian dan kebudayaan sebagai sarana untuk berdakwah, antara lain kesenian wayang kulit dan tembang suluk. Tembang suluk Ilir-Ilir dan Gundul-Gundul Pacul umumnya dianggap sebagai hasil karyanya. Dalam satu riwayat, Sunan Kalijaga disebutkan menikah dengan Dewi Saroh binti Maulana Ishaq, menikahi juga Syarifah Zainab binti Syekh Siti Jenar dan Ratu Kano Kediri binti Raja Kediri


                                                       (Gambar Masjid Agung Demak)
4.Masjid Agung Demak

               Masjid tertua di Pulau Jawa ini terletak di pusat Kota Demak, 26 Km dari Kota Semarang. Masjid yang dibangun oleh Wali Songo ini merupakan simbol cikal bakal berdirinya kerajaan Islam pertama oleh Sultan Raden Patah akhir abad 15. Bangunan masjid yang mempunyai nilai historis seni arsitektur tradisional khas Indonesia dengan bentuk atap limasan, mempunyai keunikan tersendiri yaitu keberadaan sebuah tiang penyangga ( soko tatal ) masjid yang terbuat dari potongan kayu (tatal) yang sudak tidak terpakai, konon diikat oleh Sunan Kalijaga sendiri menggunakan sejenis rumput lawatan. Sekitar 1,5 Km dari Masjid Agung Demak ke arah Tenggara terdapat Makam Sunan Kalijaga yang banyak dikunjungi oleh peziarah.




mesjed apik
                            (Gambar salah satu masjid di desa Kenduren)


        (Gambar salah satu moment yang sangat indah pada saat sunset)

5.Desa Kenduren
                   Desa kenduren adalah salah satu desa tujuan wisata di kabupaten Demak, Jawa Tengah. Selain panorama alam yang sangat mempesona juga banyak gadis-gadis berjilbab yang elok menawan, yang menarik hati para pengunjung. Salah satu tempat yang paling di gemari di Desa Kenduren adalah Mbung Pes (kembung Kempes ) sejenis tanggul yang terbuat dari karet yang dibuat pada masa pemerintahan kolonial. akses transportasi dan komunikasi pun cukup memadai di desa Wisata ini. Beberapa kota di daerahnya seperti Kudus, pati Semarang, dan pati pun menjadi salah satu Penopang ekonomi desa ini.


sumber
Share this article :
 

+ comments + 1 comments

16 April 2014 08:14

keren abis postingannya.. :D

Post a Comment

Komentar anda sangat membantu untuk meningkatkan kwalitas blog kami

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Ammar Zidane Blog's - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger